Duet Perancis & Tiongkok Ciptakan Bangunan Ramah Lingkungan

Dikutif dari laman Kompas, diberitakan bahwa di tengah-tengah perang dagang antara Tiongkok dengan Amerika Serikat, justru Perancis menjalin hubungan yang semakin mesra dengan negeri Tirai Bambu ini. Sejumlah kerjasama dilakukan oleh kedua negara tersebut. Antara lain kerjasama di bidang arsitektur dan teknologi.

Developer asal Tiongkok yang tidak disebutkan namanya, telah menggandeng pihak Perancis dalam mendirikan sebuah kompleks ramah lingkungan di Hangzhou.  Hal ini tersingkap setelah pada bulan lalu sebuah megaproyek diluncurkan di Hangzhou. Bangunan yang diberi nama dengan FrenchDreamTowers ini dirancang oleh XTU Architecs dan menampilkan desain yang futuristik.

Pada bagian atap dibuat sebuah kolam berbentuk cekungan. Kolam ini berguna untuk menampung curah hujan. Vegetasi yang berada di sekitar kolam berfungsi untuk menyaring udara dan air hujan yang tercemar sebelum kembali ke atmosfer.

Rancangan ini akan memaksimalkan penggunaan daya pada gedung, sehingga lebih hemat energi. Berbagai macam bunga, sayuran, dan bahkan ikan berkembang dalam lingkungan gedung ini dan terintegrasi ke dalam bangunan.

sumber : carirumahbaru.com

Tinggalkan Balasan