Kelembaban pada dinding dapat membuat cat mengelupas.  Cat dinding yang terkelupas membuat ruangan menjadi kurang cantik, bak bekas jerawat yang berlubang pada wajah. Bikin malu bukan?

Beberapa hal yang membuat dinding menjadi lembab dan mengeluas antara lain disebabkan oleh :

  1. Bisa jadi karena sebelah luar bersebelahan dengan taman, dinding terbuka, talang yang rusak. Sehingga air masuk melalui pori-pori dan dinding menjadi basah.
  2. Tembok yang belum kering terus dilakukan pengecatan dapat mengakibatkan dinding terus lembab.
  3. Pemakaian dempul dan cat dasar yang salah juga turut menjadi penyebab cat mudah mengelupas.
  4. Tembok yang belum dibersihkan dan masih mengandung kotoran, debu, minyak, terus langsung dicat akan membuat daya rekat cat berkurang. 
  5. Jika tembok pernah dicat ulang, maka penyebab lainnya bisa jadi datang karena lapisan pertama cat tidak dikerok terlebih dahulu, sehingga lapisan cat baru mudah terkelupas. 

Untuk memberikan solusi dinding yang mengelupas, maka Anda perlu tau terlebih dahulu penyebabnya. Periksa kebocoran-kebocoran yang mungkin bisa membuat dinding anda lembab. Periksa juga pintu jendela atap dan Anda bisa memastikan tidak ada celah yang memungkinkan air masuk.

Setelah dilakukan perbaikan, maka saatnya dilakukan pengecatan ulang. Namun sebelum dicat ulang, lapisan cat dikerok terlebih dahulu dan diamplas agar dinding menjadi rata. 

Lakukan pembersihan rutin pada dinding-dinding Anda agar terlihat bersih setidaknya sebulan sekali. Sedangkan pada tempat-tempat yang kerap ada noda kotor, sebaiknya lakukan pengecatan ulang secara periodik, baik 2 tahun sekali atau 3 tahun sekali.

Waktu yang tepat untuk membersihkan dinding adalah dua minggu setelah proses pengecatan selesai. Pada saat ini, tembok sudah kering sepenuhnya. Namun, masih meninggalkan beberapa noda dan kotoran sisa pengecatan. 

Pembersihan rutin akan membuat dinding menjadi terlihat lebih bersih. Sebaiknya bersihkan dinding satu bulan sekali. Sementara untuk membersihkan dinding, Anda dapat menggunakan campuran satu sendok teh deterjen pembersih ke dalam satu liter air. 

Demikian juga untuk dinding-dinding yang terpapar langsung oleh matahari. Warna cat akan cepat pudar karena paparan matahari. Sebaiknya juga dilakukan peremajaan cat dalam periode waktu tertentu.

Sumber : https://reginarealty.co.id/duh-tembok-mudah-mengelupas-gimana-nih/

Tinggalkan Balasan