Efisien Dapur Yang Sempit

Anda termasuk yang mana, apakah yang mendambakan dapur yang besar. Supaya lebih nyaman untuk memasak dan menikmati masakan bersama keluarga. Atau yang ingin dapur sekedarnya saja mengingat keterbatasan lahan, kebutuhan ruang dan dana yang terbatas. Yang penting ruang lain nyaman.

Aslinya sih ukuran luas dapur gak begitu bermasalah, besar kecil bisa sama saja asalkan kita merencanakannya dengan baik. Lahan dapur yang luas tapi tidak bisa menatanya akan membuat dapur berasa sempit. Pun sebaliknya. Maka perhatikan tips-tips yang kami rangkum dari Arsitag.com berikut ini agar dapur berasa lebar meski aselinya sempit.

Manfaatkan tiap sudutnya

Memanfaatkan tiap sudut dapur sangatlah penting jika dapur Anda minimalis. Anda perlu mendesain khusus rak atau lemari untuk dapat membuat sudut-sudut dapur menjadi optimal. Karena ruangannya sempit, maka furnitur yang digunakan juga akan sangat ekonomis dibandingkan dengan ruangan yang besar.

Memanfaatkan tembok dapur untuk membuat lemari, rak panjang, gantungan dll adalah langkah yang efisien dan efektif dibandingkan menaruh lemari besar di ruangan dapur yang sempit. Rak juga dapat dimanfaatkan untuk  gantungan panci, cangkir, dll selain untuk meletakkan peralatan dapur lainnya. 

Gunakan furnitur secukupnya

Dapur yang kecil tidak pas bila furnitur yang digunakan memakan ruang. Jadi perlu menggunakan furnitur dengan desain yang sederhana, minimalis  dan hemat ruang agar dapur terlihat lebih luas. Furnitur yang multifungsi bakal jadi pilihan yang lebih menarik. Jangan lupa pula pencahayaan yang optimal.

Jendela besar dan plafon yang tinggi

Terkait dengan pencahayaan agar optimal, mungkin Anda perlu merenovasi sedikit pada bagian dapur. Anda bisa meninggikan plafon dapur dan membuat jendela yang tinggi atau penghawaan yang lebar agar sirkulasi udara dan cahaya dapat optimal di dapur Anda. Bisa kebayang kan kalau sedang memasak, aromanya menyebar kemana-mana dan perlu diteruskan ke luar rumah agar aroma tidak terlalu lama hinggap di ruang lain di rumah.

Manfaatkan dinding dapur dengan maksimal

Dinding dapur dapat kita manfaatkan untuk menempatkan lemari multifungsi yang menempel pada dinding. Bila perlu, lemarinya menempel hingga atap dapur agar dapat menampung peralatan dapur yang sedang tidak digunakan.

Semoga tips dari carirumahbaru.com dapat bermanfaat buat Anda. Selamat memasak

Tinggalkan Balasan