Sebagai milenial, kita musti sadar dan belajar tentang investasi properti. Karena kebutuhan rumah tinggal itu adalah kebutuhan pokok manusia. Mumpung harga properti di Indonesia belum sengeri di luar negeri, masih cukup terjangkau.

Tapi gosipnya milenial akan kesulitan punya rumah. Padahal banyak juga milenial yang punya penghasilan cukup besar. Apalagi dunia kerja sekarang tak harus lagi bekerja pada perusahaan tapi bisa bekerja secara mandiri atau freelance.

Sayangnya bekerja secara mandiri atau freelance masih dianggap belum memiliki pekerjaan tetap sehingga incomenya walau besar tapi tidak rutin. Dan bank bisa jadi menganggap hal ini sebagai resiko sehingga bank selektif untuk menurunkan kredit kepada freelance.

So, solusi apa bila kredit pemilikan rumah belum berpihak kepada freelancer?

Milenial yang sadar akan investasi properti maka untuk memenuhi kebutuhan pokok akan tempat tinggal, milenial dapat memenuhinya dengan cara bertahap.

Tahap pertama adalah displin menyisihkan dana untuk membeli atau berinvestasi properti.

Tahap kedua adalah membeli tanah kosong yang cukup untuk dibangun rumah. Lokasinya mungkin jauh, tapi tak mengapa. Beli saja. Toh nanti-nantinya akan berkembang. Berarti milenal perlu tau rencana pengembangan kota ke arah mana sehingga tak salah beli tanah.

Tahap ketiga adalah mendesain rumah tumbuh alias rumah yang dapat dikembangkan di kemudian hari tanpa harus merubah atau banyak merenovasi bagian rumah.  Sehingga lebih hemat biaya.

Tahap keempat membangun rumah pokok alias rumah yang memenuhi standar hidup tahap awal. Ada kamar minimal 1 ruang, ruang bersama, dapur, kamar mandi, carport, taman. Ikuti rencana rumah tumbuh yang perencanaannya sudah dipersiapkan sebelumnya.

Tahap kelima adalah merenovasi rumah yang  telah dibangun dan dikembangkan sesuai rencana rumah tumbuh yang telah disiapkan sebelumnya.

Tahapan-tahapan tersebut di atas adalah solusi bilamana milenial dianggap tidak mampu atau gagal membeli rumah dengan metode KPR. Bisa juga bagi Anda milenial yang memang tidak ingin terjebak dengan hutang. Selamat mencoba!

Sumber : https://reginarealty.co.id/gak-bisa-kpr-milenial-bisa-tempuh-cara-ini-untuk-punya-rumah/

Tinggalkan Balasan