Langkah Investor Properti Menghadapi Dampak Perang Dagang

Perang Dagang ditakutkan akan berimbas pada perekonomian Indonesia. Berkontraksinya perekonomian Indonesia akan berimbas kepada industri properti. Kita perlu mengamati langkah apa yang diambil oleh pemerintah agar kontraksi ekonomi dapat teratasi sehingga perekonomian Indonesia tetap tumbuh di atas 5%, bahkan lebih. Selaku investor properti, kita wajib bersiap siaga dan mengambil langkah-langkah antisipatif bila terjadi resesi.

Satu yang tidak bisa dipungkiri bahwa sebenarnya pasar properti untuk rumah pertama itu masih akan terus tumbuh dan tumbuh selama backlog tidak terpenuhi dan selama banyak orang menikah. Maka yang membutuhkan tempat tinggal pasti akan banyak.

Di satu sisi, harga bahan baku dan harga tanah yang cenderung selalu meningkat membuat daya beli masyarakat tak lagi sehebat tahun-tahun sebelumnya. Maka mereka yang tidak mampu akan memilih rumah yang sederhana atau cukup dengan menyewa rumah saja.

Nah di sini terdapat peluang bagi investor properti untuk tetap masuk dan menghidupkan pasar properti. Karena mau tidak mau, industri properti itu adalah generator perekonomian selain pembangunan infrastruktur.

Maka pilihan teraman untuk investasi properti adalah menyediakan tempat tinggal yang murah untuk pembeli rumah pertama baik untuk dijual atau disewakan. Berikut beberapa pilihannya :

  1. Menjadi developer properti perumahan bersubsidi
  2. Menjadi developer rumah susun
  3. Membangun rumah kost untuk disewakan secara bulanan atau tahunan
  4. Membangun rumah petak untuk disewakan secara bulanan atau tahunan
  5. Membangun kios-kios untuk kegiatan UKM (Usaha Kecil Menengah)
  6. Membeli unit apartemen untuk disewakan
  7. Membeli aset tanah di lokasi yang dekat dengan infrastruktur yang sedang dibangun oleh pemerintah seperti bandara, pelabuhan, pintu tol.

Dan mungkin masih ada banyak yang lainnya. Anda boleh usulkan di kolom komentar.

Untuk keamanan investasi, percayakan kepada agen properti terbaik, Regina Realty. We Do Your Homework. kunjungi carirumahbaru.com

Tinggalkan Balasan