Popularitas Tegel yang Kembali Naik

Tegel Sudah banyak digunakan sejak zaman kolonial Belanda. Sudah lama teknologi ini digunakan. Kalau Anda datang ke keraton Yogyakarta atau keraton Solo, Anda bakal banyak menemukan lantai dengan tegel. Rumah-rumah tempo dulu di Yogyakarta banyak menggunakan material klasik ini.

Walau nampak hadir dari zaman old, namun pelapis lantai dari bahan campuran pasir dan semen kembali menjadi pilihan untuk mendekorasi ruangan. Tegel kembali dilirik dan kembali naik popularitasnya. Tegel ini kini banyak digunakan di berbagai bangunan dan emua orang bahkan bisa memanfaatkannya untuk banyak keperluan.

Penggunaan tegel ini sudah banyak diketahui oleh masyarakat, namun belum mengerti benar mengenai karakter, teknik, serta pemasangan dan pemeliharaan dari tegel tersebut. Oleh karena itu, perlu diberikan pemahaman mengenai seluk beluk tentang tegel ini.

Penggunaan Tegel yang Mempertahankan Motif Klasik

Tegel yang diterapkan dalam pembangunan dekorasi rumah sangat dominan yang warnanya natural dan juga didominasi oleh warna-warna tanah. Namun, saat ini motif dan warna tegel sangat beragam.

Tegel ini juga kaya akan motif dan bisa dipadukan untuk membentuk pola-pola baru. Bahkan motif yang biasanya berkesan lawas pun bisa diganti dengan motif yang lebih kontemporer seperti halnya heksagonal, art deco, dan juga rustic.

Penggunaan Tegel yang Banyak Kelebihannya

Penggunaan tegel ini memiliki banyak kelebihan. Selain mudah dipasang dibandingkan keramik, perawatannya pun mudah. Perawatan dari tegel ini bahkan mirip dengan keramik. Hanya dengan menggunakan sapu dan kain pel lembab kemudian digosokkan pada tegel.

Meskipun motifnya banyak, corak pada tegel ini tidak selalu presisi. Bahkan bila kita lihat, coraknya sama seperti motif batik tulis. 

Demikian pula, dengan warna yang mungkin saja memiliki perbedaan. Dengan begitu akan memiliki daya tarik tersendiri dari penggunaan tegel  ini.

Popularitas Pemakaian Tegel yang Kembali Naik Pamornya

Tidak hanya digunakan untuk rumah dan bangunan yang bergaya klasik, tegel juga bisa digunakan untuk semua tipe rumah.

Tren lawas memang sedang naik daun saat ini. Berbagai aliran baik vintage, retro, dan lawasan kini banyak dipakai dalam segala bidang, bisa musik, desain grafis, desain produk, dan tidak ketinggalan bangunan.

Seperti halnya demikian, pemakaian tegel saat ini bisa dipakai untuk semua jenis rumah. Tidak terkecuali untuk rumah bergaya Skandinavia dan industrial yang sangat pas bila menggunakan tegel.

Untuk menerapkan tegel dalam dekorasi bangunan rumah, ditekankan pada aspek kreativitas dalam memadupadankan corak dari tegel di dalam desain ruangan.

Seperti misalnya, tegel Panjen yang masih mempertahan motif tradisional untuk proses produksinya. Tegel ini dibuat dengan campuran pewarna dan semen yang dibentuk dan menjadi adonan cair.

Dari campuran semen tersebut kemudian dituang ke dalam cetakan dan ditaburi semen. Adonan tersebut kemudian dilapisi dengan semen pasir baru kemudian dipres dan dijemur.

sumber : carirumahbaru.com

Tinggalkan Balasan